Mulai Dekat

Sepanjang perjalanan gue sama si cewek dieman melulu. secara gue gak hobi kelakar gitu. novel udah gue simpan. gue penginnya lihat-lihat ke luar, siapa tau ada pemandangan bagus. apalagi selama di asrama gue jarang-jarang lho ke luar kota kayak gini.


kalau mau bilang sih kupang ini kota yang lumayan gersang. tapi kalau agak ke timur, ke noelbaki ada wilayah sawah sedikit. setelah masuk menuju ke wilayah camplong jalannya mulau belok-belok. apalagi menuju ke arah soe.


lepas dari wilayahcamplong, si cewek udah kelihatan keringatan. kepanasan pulak. mukanya tegang gimana gitu. ya terpaksa gue tanya deh dianya kenapa. oh astaga, dia mabuk perjalanan.


"siapin obat gak?"


"gak, gue gak biasanya mabuk. tapi gak tau aja hari ini ..." katanya terlihat mau muntah. wah kasihan ya, gue emang gak pedulian banget tapi ya mau gimana lagi harus empati kalau yang beginian.


"eh mbak, kita tukeran tempat. mbak dekat jendela aja"


Gue pun tukeran tempat. Biasanya di dashboard sopir ada siapin obat antimabuk. habis tukar tempat gue minta obat sebiji. dikasih ama sopirnya, gratis. barangkali sudah masuk dalam ongkos angkut itu.


Gue kasih dia aqua, dia minum obat itu. tadi sudah mau muntah. gue kasih dia kertas plastik buat nampung muntahnya kalau beneran. tapi ternyata nggak. syukur deh.


Setelah minum, dianya mengantuk.


"Baring aja mbak gak apa-apa."


"Eh, maaf ya gak sengaja." katanya. tahu tahu kepalanya udah ke pundak gue. gue sih tetap di posisi. wah sebel deh jadi perawat dadakan kayak gini. sementara di belakang sana, dua teman gue udah mingkem. mungkin juga sama lagi mabuk perjalanan.


Guejuga sebenarnya mulai mengantuk. perjalanan jauh sudahbikin bosan. sebenranya tidak bosan kalau pemandangannya bagus. tetapi ini pemandangannya sama sepanjang jalan sehingga gak bisa lagi dinikmatin.


Jadi, gue pun nyandar aja di kursi penumpang. Selama hampir satu jam gue baring aja, antara mengantuk dan nggak. sementara di latar belakang ada lagu tony parera diputar lembut oleh si sopir. memang, di bus-bus antarkota macam begini, selalu saja ada lagu yang diputar.


"maaf ya. gue sebenernya jarang lho mabuk." dianya ngajak biacara. Eh, bukannya tidur malah nyerocos terus.


"Oh ya?" gue pura-pura merhatiin.


"gue udah langganan kok ini bus."


Gue lantas cuma oh oh ria. gak nanggapin serius. gue sih ingat pikiran-pikiran aneh gue tadi di terminal. apa benar ini cewek ratu belanja? kalo bener sih rugi banget gue kenalan. tapi mau apa lagi. sudah nasib buruk. terpaksa jalanin aja.


Dianya lalu ngasih balik aqua botol punya gue.


"Ini mas....eh mas siapa ya....?"


Gue kaget dianya nanya nama gue.


"Eh sebut saja gue mas.....mas Edi aja deh...?"


Gue nolak terima lagi botol aqua gue.


"masih ada kok di tas. gue biasanya siapin dua."


yang jelas gue gak kasih nama gue yang beneran. kenal aja kebetulan, masa sih ngasih nama beneran? gue aja gak yakin apa ia orang baik apa malah bikin pusing nantinya.


"Oh...gue Leena." begitu katanya.

Comment