Keberangkatan

Hai, kenalin, gue Thom. Umur gue 21. Gue mahasiswa tingkat akhir.

Oh ya gue di sini bareng dua teman. Kenalin ya. Yang ini Ocep, yang satu lagi Ito. Dari postur, gue lebih tinggi dari dua teman gue ini. Walopun begitu, Ocep orangnya lumayan kekar. Emang hobi olahraga dia. Sementara Ito badannya tipis ringan.

Dua sobat tangguh ini asli pribumi dari pedalaman pulau. Emang doi berdua tumbuh besar di kota. Tapi kulit mereka masih lebih coklat ketimbang punya gue hehe. Orang-orang bilang, timor itu itam manis. Biar itam, tapi hatinya baik :-P.

Ok lanjut. Hari ini adalah hari keberangkatan gue sama dua sobat ini ke tempat praktik. Ke mana lagi kalau bukan ke pedalaman Timor. Yang paling tahu lokasi pedalaman adalah temen gue yang namanya Ito. Doi ngakunya anak asli sana. Bukan tepat pas kampungnya di lokasi praktek sih, tapi doi paling tau keadaan warga etnis sana dan juga tau ancar-ancar menuju ke sana.

Rombongan kecil kami ini baru terbentuk tadi di trotoar. Sebelumnya kita sudah saling kenal, tapi belum begitu akrab. Tadinya gue baru turun dari motor, dibonceng kakak gue.

Kami kini nongkrong di areal terminal.  Di kota ini, terminal Oebobo adalah satu-satunya terminal di tengah kota yang layanin penumpang menuju wilayah timor. Ada lagi terminal di bagian timur laut, namanya terminal noelbaki, tepi terminal yang ini hanya tempat singgah saja. 

Gue bawa ransel gue yang isinya lebih banyak kertas sama buku-buku. kalau ke wilayah pedalaman, gue gak mau bawa pakaian banyak banyak. sepatu cuma sepasang, kalau sandal biar nanti belinya di sana. Eh dua teman saya datangnya bawa barang lebih banyak dari gue. tapi ah, cuekin aja. mungkin di tas mereka sama kardus itu ada banyak buku-buku, syukurin dah kalau nanti bisa pinjam.

sebenarnya dua teman gue ini bukan teman akrab sih. secara hobby udah beda. gue orangnya suka buku-buku gitu. sejak kecil gue udah lahap dari  karl may sampai sherlock. Maklum papa gue kan guru jadi suka bawa buku-buku. 

sementara dua teman ini beda banget. Si cito anaknya teliti. dia suka angka angka gitu, hitungnya cermat banget. makanya di asrama yang anggotanya tiga puluh orang, dia yang jadi bendahara. 

sementara osep, dia hobby olahraga dan musik. memang bukan jago banget sih, tapi kalau main gitar lumayan dia lho. cewek cewek jangan deket deket yah bisa luluh tuh dengar alunan gitarnya. Hihihi. 

Kehadiran dua teman ini positif banget buat gue. ntar di tempat praktek kan ada tuh yang tugasnya bikin ribut. hitung-hitung bisa bikin nakutin hantu kalau sekolah tempat praktek kita dekat hutan. Pasti begitu kan nanti di pedalaman?

Oke dari jalan gue sama temen gue ini masuk terminal. terminal gak rame sebenarnya. rata rata bus jemputnya di pinggir pinggir jalan.  jadi penumpang gak harus ngumpul dulu di terminal. di sini boleh kok berhentiin bus di badan jalan trus naik ke tujuan.

Tentang gue, dari SMP gue udah merantau ikut bibi gue yang ngajar taman kanak-kanak di Jakarta. Gue tinggal di bekasi, tidak jauh dari stasiun KRL bulan-bulan. Itu tuh terminal terakhir paling ujung timur bekasi. Dulu di perempatan situ ada patung lele. kalau sekarang sudah ganti patungnya dengan tugu yang bentuknya kayak bambu runcing. Gue sampe SMA tinggal di sana. Pas mau masuk kuliah gue putusin pulang kupang. 

Keluarga gue tipe sederhana. Bapak gue juga guru tempo Doeloe, dengan gaji kecil paspasin buat hidup. Doi orangnya hemat banget. Karena kebiasaan keluarga gue yang irit, gue jadi nggak suka ngeliat orang yang sok mentereng, secara orang NTT itu paling dikenal lho tingkat kemiskinannya.

Comment